Searching...

Foto Penderitaan Rakyat Indonesia Zaman Penjajahan Belanda

9:40:00 PM
WW - Bangsa Belanda Menjajah Indonesia Di Mulai 1602-1942.Penjajahan Bangsa Belanda Di Indonesia,Berdirinya Persekutuan Perdagangan Hindia Timur Atau Vereenigde Oost Indische Campagnie (VOC).Berikut Foto-Foto Penderitaan Rakyat Indonesia Di Zaman penjajahan Belanda Sumber Foto dari : Thecreatorsproject 


01
Tiga prajurit muda Indonesia ditahan oleh tentara Belanda. Terlihat mereka mengalami luka dan kaki mereka terikat tali. Foto ini berasal dari album Soldier Verplancke dan dipotret 27 November 1947.

02
Seorang anak berbadan kurus menerima ransum dan rokok dari marinir Belanda. Foto ini telah diperbesar agar terfokus pada bocah laki-laki ini, sementara sisanya dipotong. Foto ini karya H Wilmar (Spaarnestad Photo) diambil di Madura Barat pada akhir Agustus 1947.

 03
 Sejumlah prajurit Indonesia gugur di selokan. Sebagian tertutup daun kelapa. Foto ini karya WFJ Pielage.

04
 Seorang wanita lokal yang menggedong balita menerima ransum dan sepotong roti dari tentara Belanda. Foto ini dipotret W van de Poll di Jawa Barat pada tahun 1946 dengan caption 'Dengan senyum lebar, dia bergumam terus menerus, trima kassi, tuan'.

05
 Kepala Military Medical Corps Dr Simons mengunjungi prajurit yang terluka. Foto ini sengaja dirahasiakan agar tidak menunjukkan prajurit Belanda juga kelabakan dalam pertempuran. Foto ini dipotret Krieken (DLC) di Yogyakarta pada Januari 1949.

06
 Foto prajurit yang berjaga di sepajang rel yang tengah diperbaiki. Foto ini karya J Zijstra yang dipotretnya pada November 1947 dan berlokasi di Baturaja, Sumatera Selatan.

07
 Foto karya H Wilmar (Spaarnestad Photo) ini memperlihatkan para prajurit Belanda mendarat di pantai utara Jawa Timur pada 21 Juli 1947.

08
 Prajurit Belanda yang tengah menahan sejumlah warga. Foto ini diambil oleh T Schilling (DLC) di Solo pada 21 Desember 1948.

09
 Sejumlah prajurit Indonesia tertangkap dan gugur oleh tentara Belanda. Kejadian ini terjadi di Malang, Jawa Timur pada akhir Juli 1947

10

 Prajurit Belanda dan sejumlah warga Solo membaur menikmati sajian musik keroncong. Foto ini dipotret T Schilling (DLC) pada 21 Desember 1948.

11
 Seorang prajurit Indonesia ditangkap oleh tentara Belanda. Foto ini karya H Wilmar.

1 komentar:

Tidak Relevan = DELETED
Link Aktif / Mati = DELETED