Searching...

Apakah Benar WiFi Dapat Memicu Tumbuhnya Kanker?

9:34:00 PM

Wibiw.id - Pernahkah anda melihat atau mendengar berita tentang pendapat bahwa Wi-Fi bisa memicu kanker? Ada juga yang menyebutkan sinyal dari WiFi dapat menimbulkan berbagai penyakit komplikasi, apakah berita tersebut benar atau hoax ? Mari kita simak penjelasan berikut ini gan.
Tahun kemarin pemerintah Perancis telah mengumumkan sesuatu yang menghebohkan, yaitu dilarangnya jaringan Wi-Fi di sekolah-sekolah, khususnya sekolah untuk anak dibawah umur seperti playgroup, TK dan sekolah dasar/SD.


Menurut para ahli, sinyal WiFi akan membawa dampak buruk dalam perkembangan otak anak, bahkan ada yang mengatakan bisa memicu munculnya kanker dari radiasi sinyal WiFi.



 Beberapa publikasi dari badan kesehatan dunia menyatakan kalau gelombang elektromagnetik dimungkinkan memiliki efek karsinogenik (sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru karena zat-zat yang terdapat pada rokok), tapi apa karena itu langsung gelombang Wi-Fi digolongkan sebagai karsinogen?

Jika diamati dari segi kedokteran, pernyataan itu tidak berlaku.



Cara Kerja Penyebaran Gelombang Radio WiFi

Router pada pemancar WiFi punya daya sebar dan daya pancar gelombang elektromagnetik, tapi perlu diingat bahwa gelombang elektromagnetik ini masih jauh lebih rendah ketimbang tingkatan gelombang untuk merusak DNA.

Jadi tidak ada mekanisme dan tidak ada pernyataan untuk mendukung teori bahwa Wi-Fi memiliki karsinogenik atau bisa menimbulkan penyakit kanker.

Ada pernyataan bahwa WiFi punya frekuensi seperti radiasi gelombang mikro dan pernyataan itu sangat benar, tapi ingat bahwa daya yang dimiliki itu sangat rendah.

Efek radiasi untuk bisa mengakibatkan kerusakan materi genetik itu sangat ngawur dan tidak terbukti.



Amankah Gelombang Radio WiFi.?
Di beberapa publikasi ilmiah seperti jurnal kesehatan, membuktikan bahwa radiasi gelombang Wi-Fi ini terjadi hanya pada orang yang memiliki hipersensitivitas atau reaksi berlebihan terhadap sesuatu.

Gejala yang ditimbulkan dari gelombang radiasi WiFi seperti nyeri kepala, mual, pusing ternyata terjadi hanya pada orang yang mengalami hipersensitivitas terhadap radiasi.



Kesimpulan Apakah Sinyal WiFi Aman.?
Kesimpulan pada pembahasan kali ini, teori mengenai karsinogenik sel otak terhadap penggunaan sinyal Wi-Fi ternyata belum terbukti secara ilmiah, hanya asums-asumsi tanpa bukti. 


Incoming search terms: 
- WiFi Dapat Memicu Kanker
- Sinyal WiFi  
- Pemicu Kanker

40 komentar:

  1. wahh semoga aja ga beneran bikin kanker, kalo beneran kepaksa nih ngelepas hotspot di rumah :')

    ReplyDelete
  2. semoga itu hanya isu belaka , klw benar sungguh bahaya ... padahal wifi itu kebutuhan kita juga ...

    ReplyDelete
  3. selagi digunakan sewajarnya saya rasa fine fine aja :D

    ReplyDelete
  4. benar gan... hanya asumsi belaka... ntar ngga ada wifi gimana internetan dong

    ReplyDelete
  5. Waduhh, baca ini, jauh2 deh wifi dari bayi ane,, ngerriii

    ReplyDelete
  6. waduh kira in. alhamdulillah jadi lega gue karena gue sering makek sinyal wi-fi. thanks to infonya.

    ReplyDelete
  7. Tapi, kayanya mungkin juga sh .. Semoga jangan smpe lah, Stiap hri sya on pake Wifi soalnya .. :3

    ReplyDelete
  8. wahh gawat nih kalo beneran gan, ngeri juga :(

    ReplyDelete
  9. mesti waspada juga nih :) tahnsk infonya

    ReplyDelete
  10. padahal dirumah gw ada wifi, jadi takut ane kalo kayak gini dampaknya.

    ReplyDelete
  11. waah apa apa bisa jadi sebab kanker termasuk wifi, ngeri

    ReplyDelete
  12. wah mulai dekarang harus terus waspada nih...

    ReplyDelete
  13. wah, waspada nih apalagi saya pasang wifi dirumah

    ReplyDelete
  14. baru tau ane gan ternanya sinyal wifi bisa sampai terkena kangker gan, dan saya mau tanya apakah bisa di atasi gan masalah seperti ini dengan sekarang jaman udah maju banyak sinyal" wifi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih asumsi semata, buktinya belum kuat kalau memicu kanker

      Delete
  15. Wahh Ane Juga Di Ingetin Sama Guru Ane Jangan Terlalu Berlebihan Menggunakan Wifi , Katanya Sama Bisa Kena Kanker Otak :) Tapi Hasilnya ini Tohh :D

    ReplyDelete
  16. waduh, saya tiap hari beraktifitas menggunakan wifi :3 jd perlu waspada

    ReplyDelete
  17. wah saya baru tau ini... maksih buat infonya ..

    ReplyDelete
  18. waduh kalau benar gimana tuh. ngeri banget ya

    ReplyDelete
  19. semua radiasi memiliki efek negatifnya masing2 gan.

    ReplyDelete
  20. waduh semoga asumsi asumsi nya ga terbukti secara ilmiah soalnya butuh banget WiFi

    ReplyDelete
  21. Baru tahu saya gan. thanks udah share

    ReplyDelete
  22. bahaya juga yah kalau lama-lama pakai wifi. Thanks dulu gan infonya :)

    ReplyDelete
  23. Waduh kirain saya ini beneran hehe, ternyata masih isu hehe.

    ReplyDelete

Tidak Relevan = DELETED
Link Aktif / Mati = DELETED