Searching...

Software Bisa Mencegah Pelajar Mencontek saat Ujian Online

1:11:00 AM
Wibiw.id - UN tahun 2016 ini berbeda dikarenakan di beberapa sekolah yang sudah dipilih, UN akan dilaksanakan dengan menggunakan suatu sistem baru yaitu sistem Computer Based Test (CBT).

Sistem ini juga hal baru, dan baru saja di terapkan di tahun lalu. Dikarenakan sistem baru ini, Siswa menjadi tidak tenang sendiri




Meskipun begitu tidak berarti kecurangan atau nyontek bisa begitu mudahnya dimaafkan. Mekanisme sistem baru dengan Computer Based Test (CBT) dianggap tetap berpotensi menimbulkan beberapa kecurangan atau nyontek.

Tapi ada sebuah solusi untuk menghindari kecurangan seperti mencontek dan sebagainya, dan memungkinkan teknologi pengawas online buatan Amerika ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Software komputer itu bernama Proctortrack.



 

Verificient Technologies adalah pembuat dari software ini dan diklaim sebagai software pengawas ujian pertama yang dapat beroperasi secara otomatis tanpa pengawas. Bahkan, Proctortrack sudah sukses dipakai untuk mengawasi ujian ribuan pelajar, seperti halnya mahasiswa di Universitas Rutgers, Amerika.

 


Ujian yang masih menggunakan pilihan ganda sangat sering kecurangan terjadi. Antara pelajar satu dengan pelajar lain mempunya kode tersendiri untuk memberi jawaban dan menanyakan beberapa soal tersebut seperti halnya dengan kodemenggarukkan kepala, memegang hidung, dan bagian wajah lainnya hingga mengambil pensil atau barang yang terjatuh sebagai kode jawaban.



Terlebih lagi Software Proctortrack mampu membaca kode kode yang biasa di lakukan dengan cara melakukan pemindaian wajah. Gerakan-gerakan tersebut akan bisa dinyatakan sebagai pelanggaran oleh sistem dari software tersebut.



 

Tetapi software ini mendapatkan beberapa komentar tidak menyenangkan dan bahkan mendapatkan kecaman para pelajar dikarenakan software ini para pelajar. Dikarenakan software ini menggunakan sensor gerak, hal ini menyebabkan Siswa yang sedang menghadapi Ujian cenderung Kaku dan tidak bisa rileks saat mengerjakan Soal Soal. Dikarenakan sensor dari sistem ini yang terlalu sensitif.

Dan juga software ini jelas memudahkan para pengawas ujian. Well, apakah software ini akan digunakan di indonesia untuk Ujian Nasional 2016 dan kalau diterapkan sebisa mungkin sensor yang terdapat di software ini bisa dikurangi supaya para Siswa yang sedang melakukan Ujian Nasional tidak terlalu gelisah dikarenakan Software ini! He-He 

 

Incoming search terms: 
- UN Online 2016
- Computer Based Test
- Sofware anti Contek
- Pelajar UN
- Ujian Nasional 2016

2 komentar:

  1. sepertinya software proctortrack tidak boleh masuk di indonesia deh gan hahaha

    ReplyDelete
  2. anjjay ,, kalo sampe masuk ke indonesia para pelajar bisa makin stress nih wkwkwkw

    ReplyDelete

Tidak Relevan = DELETED
Link Aktif / Mati = DELETED